Bupati Zaki Lantik Sofyan Safar, Perumdam TKR Punya Dirut Baru

Bupati Zaki Lantik Sofyan Safar, Perumdam TKR Punya Dirut Baru
Bupati Zaki Lantik Sofyan Safar, Perumdam TKR Punya Dirut Baru
(Dok. Humas Perumdam TKR)

NONSTOPNEWS.ID - Bupati Tangerang  Ahmed Zaki Iskandar melantik Direktur Utama Perumdam Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang periode 2020-2025. Prosesi pelantikan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Wareng, Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Tigaraksa, Senin (27/7/2020).

Adapun Direktur Utama (Dirut) Perumdam (Perusahaan Umum Daerah Air Minum) TKR periode 2020-2025 yang baru saja dilantik berdasarkan Keputusan Bupati Nomor: 536/kep. 606-Huk/2020 tentang Pengangkatan Direktur Perumdam TKR Kabupaten Tangerang  yakni Sofyan Safar, ST, M.Si.

Bupati Zaki meminta kepada Direktur yang baru dilantik untuk bisa langsung bekerja, dan bisa memenuhi harapan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang terutama dalam melayani masyarakat dalam pemenuhan air bersih.

“Harapannya, Perumdam TKR ke depan bisa lebih banyak lagi memberikan jangkauan dan sambungan langsung air bersih kepada masyarakat Kabupaten Tangerang yang belum terlayani air bersih,” tutur Zaki.

Menurut Zaki, target berikutnya Perumdam TKR harus meningkatkan sambungan langsung kepada masyarakat dan bisa diperluas serta diperbanyak sesuai dengan program RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Terkait dengan ketersediaan air baku yang sangat terbatas.

“Pada saat ini memang, kita masih mengandalkan Sungai Cisadane, tapi mudah-mudahan kedepan ada beberapa pabrik pengolahan air kecil yang bisa menyuplai wilayah lain di Kabupaten Tangerang. Targetnya selama selama 3 tahun ke depan sekira 100 ribu sambungan langsung,” ucap Zaki.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid yang juga sebagai Dewan Pengawas Perumdam TKR mengatakan fungsi Perumdam TKR harus dijalankan bersama-sama sesuai dengan arahan Bupati, fungsi pelayanan air bersih sebagai perpanjangan tangan pemerintah Kabupaten Tangerang karena pada Perumdam TKR bisa menjadi jembatan perpanjangan tangan pemerintah untuk melayani air bersih di Kabupaten Tangerang.

“Fungsi pelayanan harus jalan tapi ada segi bisnisnya karena bisnis ini yang bisa memberikan kontribusi dividen terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dan dividen itu juga sangat mendongkrak dari (PAD) Kabupaten Tangerang, dan juga bisa menopang operasional untuk menjalankan rencana kerja kedepan,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut Perumdam TKR yang baru saja dilantik Sofyan Safar mengungkapkan dalam bisnis plan Perumdam TKR tertuang dalam RPJMD ditetapkan sekitar 60 persen sambungan langsung kepada masyarakat.

“Kita akan melakukan kerjasama dengan universitas untuk meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia-red) yang ada di Perumdam TKR itu sendiri. Oleh karena ke depan layanan kita akan berbasis teknologi informasi dan sesuai arahan Pak Bupati. Saya harus berani melakukan perubahan untuk menuju Perumdam yang lebih baik,” ungkapnya. (ADV)