BKSDA Jakarta Lakukan Translokasi 7 Ekor Elang Brontok Yang Dilindungi

BKSDA Jakarta Lakukan Translokasi 7 Ekor Elang Brontok Yang Dilindungi (Nonstopnews.id)

JAKARTA - Sebanyak 7 ekor Elang Brontok yang merupakan Satwa dilindungi hasil penyitaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta akan di Translokasi ke Pusat Konservasi Elang Kamojang, Garut, Jawa Barat. Hal itu dilakukan agar Elang yang dipelihara oleh warga dapat kembali liar dihabitatnya.

"Rencananya malam ini akan kita lakukan Translokasi ke Balai Konservasi Kamojang. Elang itu akan menjalani rehabilitasi disana," ujar Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Jakarta, Trustiadi di Kantor Pusat  Penyelamatan Satwa (PPS) Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis(20/12/2018).

Dijelaskan Trustiadi, memang butuh waktu lama dalam mengembalikan sifat alami dari karakter burung Elang.

"Jadi gini, kalau hewan liar sudah dipelihara, makannya dia bergantung kepada si pemelihara. Maka dari itu kita kirim ke pusat rehabilitasi untuk dilatih supaya dapat beradaptasi kembali dengan prilaku alaminya. Sebelum dilepas ke habitat aslinya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA, Bambang Yudi Syaifudin menambahkan, Translokasi dilakukan sesuai surat keputusan 
 nomor: S.703/KSDAE/KKH/KSA.2/11/2018 tanggal 26 November 2018.

"Setelah mendapat persetujuan dari Direkorat Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kita laksanakan Translokasi elang Brontok ke Kamojang," tambahnya. (hw)