Besok Warga DKI Jakarta Wajib Ganti KK

Besok Warga DKI Jakarta Wajib Ganti KK (Ilustrasi/net)

JAKARTA - Untuk mengoptimalkan pelayanan kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI akan melakukan pembaruan Kartu Keluarga penduduk secara serentak. Selain itu, pihak Disdukcapil DKI juga akan memenuhi dokumen-dokumen yang belum lengkap.

"Besok mulai bergerak. Tujuannya supaya kami mengetahui, warga yang belum lengkap memiliki dokumen, semisal akte kelahiran. Dan kita juga akan berikan kebutuhan- kebutuhan warga dokumen yang belum lengkap, seperti akte perceraian. Nanti dari hasil pemutakhiran akan kita ketahui,"  ujar Kepala Disdukcapil DKI Jakarta, Dhani Sukma ketika dihubungi wartawan, Senin (22/10/2018).

Adapun persyaratan yang harus disiapkan warga dalam melakukan pembaruan KK yakni berupa kependudukan.

"Siapkan itu, dokumen KK asli, kemudian surat nikah, nanti kita lihat dan kita krocek. Ada nggak elemen yang harus dirubah. Yang pokok kita mau sisir itu foto copy surat nikah. Karena apakah sudah tercatat apa belum," tuturnya

Dalam melakukan pelayanan pembaruan KK, pihak Disdukcapil mengerahkan petugas Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP).

"Jadi tiap kelurahan satu petugas PJLP, keseluruhannya ada 257 petugas PJLP tiap kelurahan se-DKI," pungkasnya.

Sementara itu ditempat terpisah di Kel. Pekojan, Kec.Tambora Jakarta Barat sudah melakukan Sosialisasi untuk pembaruan KK.

"Kita sudah lakukan sosialisasi kepada warga dan kita sudah sampaikan kepada seluruh RT dan RW yang ada di Kel. Pekojan," pungkas Lurah Pekojan, Tri Prasetyo Utomo.

Tri mengungkapkan, diwilayahnya terdiri dari 12 RW dan 144 RT. Tercatat di Kelurahan Pekojan ada sebanyak 9.053 KK.

"Kita juga akan siapkan jam tambahan bila besok terjadi pembludakan kepengurusan KK di PTSP," tandasnya.(hw)