Berkedok Syariah, Penipu Miliaran Ditangkap Polres Tangsel

Berkedok Syariah, Penipu Miliaran Ditangkap Polres Tangsel (Nonstopnews.id)

TANGSEL - Sempat jadi Daftar Pencairan Orang (DPO), tersangka penipuan bermodus rumah murah melalui bank syariah ditangkap polisi di Manado, Sulawesi Utara, (8/12/2018) lalu.

Dijelaskan Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan, bahwa tersangka JS menipu ratusan warga, hingga mencapai Rp. 4,5 Miliar.

"Warga yang menjadi korban sekitar 171 orang. Saat ini total uang yang sudah diambil oleh tersangka sekira Rp. 4,5 Miliar. Saat ini kami masih membuka posko pengaduan, barangkali masih ada masyarakat yang mengalami kerugian akibat ulag tersangka," kata Kapolres saat jumpa pers, Kamis (13/12/2018).

Kapolres menambahkan, rumah murah yang dijual oleh tersangka mayoritas berada di Kabupaten Bogor.

"Rumah-rumah bersubsidi yang ditawarkan tersangka, kebanyakan berada di Kabupaten Bogor. Tapi, karena kantor pemasarannya berada di Tangsel, maka kami yang mengejar pelaku," tambahnya.

Saat ditangkap, imbuh Kapolres, tidak didapati harta benda ditangan pelaku. Pihaknya akan melakukan penelusuran lebih lanjut terhadap keuntungan tersangka dari hasil kejahatannya.

"Tersangka mengaku, uang nasabah yang sudah ditipu, telah digunakan untuk biaya operasional perusahaan. Saat ditangkap tidak terdapat harta benda ditangan tersangka," pungkasnya.

Di lokasi yang sama Astri (43), yang menjadi korban penipuan menyatakan, dirinya tergiur dengan tawaran brosur yang dibagikan oleh tim dari pelaku dengan harga murah tanpa bunga alias syariah. 

"Saya dapat dari brosur. Jadi timnya itu ngasih-ngasih brosur di perumahan saya. Nah, pas saya lihat cukup murah, jadi saya dan suami mendatangi kantor pemasarannya," kata Astri. (ak)