Berdayakan Ekonomi, Ini Olahan Makanan Warga Kampung Cincau Cimone

Berdayakan Ekonomi, Ini Olahan Makanan Warga Kampung Cincau Cimone
Berdayakan Ekonomi, Ini Olahan Makanan Warga Kampung Cincau Cimone
(Dok. Humas Kota Tangerang)

NONSTOPNEWS.ID - Kampung tematik yang dibangun dan digerakkan oleh Pemerintah Kota Tangerang dengan melibatkan warga sedikit demi sedikit membuahkan hasil. Hal itu bisa dilihat ketika Kota Tangerang sebagai sebagai kota layak dikunjugi terus memunculkan inovasi-inovasi baru. Salah satunya, karya warga Kampung Cincau yang berlokasi di RT 02/RW 02 Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci.

Kampung tematik dengan nama Kampung Cincau berhasil setidaknya memberdayakan ekonomi warga sekitar dengan memproduksi makanan olahan berbahan dasar cincau. Dengan makanan khas tersebut, dijual kepada pengunjung yang melakukan wisata ke kampung yang tak jauh dari pusat kota itu.

Humas Kampung Cincau Heri Budianto, mengatakan, banyak olahan kampung cincau mulai dari nasi liwet cincau, peyek cincau, puding cincau, dan agar-agar cincau. 

"Semua kami buat dari bahan dasar cincau yang dibudidayakan di wilayah kami, kampung tematik yang juga melibatkan masyarakat disini," katanya belum lama ini.

Kata Heri, Ia dan beberapa perwakilan Warga Kampung Cincau sudah sering ikut dalam event-event Pemkot Tangerang. Dari berbagai event yang diikuti, banyak pengunjung merespon positif olahan makanan berbahan dasar cincau itu.

"Inovasi terus kami lakukan, salah satunya saat penutupan Festival Cisadane bahkan kami launching menu baru yakni bubur ayam cincau," ungkapnya.

Selain di ajang di lingkup Pemkot Tangerang,  penjualan makanan khas cincau produk warga Cimone, juga menjual produk sesuai pesanan.

"Insya Allah, ke depan akan hadir sentra oleh-oleh khas Kampung Cincau. Sentra oleh-oleh tersebut akan menampung hasil olahan makanan warga," pungkasnya. 

Dengan adanya sentra khusus tersebut, Heri dan warga sekitar berharap, prosuksi olahan makanan dari warga sekitar itu, bisa eksis dan produksinya bertambah banyak. Dengan begitu, akan menambah dan membuat warga  sekitar semangat mencintai kampungya sendiri. (ADV)