Belajar Budaya Betawi, Sekolah Tunas Indonesia 'Sowan' ke Setu Perigi

Belajar Budaya Betawi, Sekolah Tunas Indonesia 'Sowan' ke Setu Perigi (Nonstopnews.id)

TANGSEL - Setu Perigi, yang terletak di Kelurahan Perigi, Kecamatan Pondok Aren, mendadak penuh warna putih dan biru.

Hal itu dikarenakan, Setu Perigi kedatangan ratusan anak dari Sekolah Tunas Indonesia (STI), guna menyelami budaya Betawi, dan pengenalan akan bercocok tanam, di alam terbuka.

Dijelaskan Pelopor Peduli Setu Perigi, Suhanda Johan bahwa, kedatangan siswa-siswi dari STI tersebut, merupakan kali yang pertama. "Ini baru pertama kali. Beberapa hari yang lalu mereka mengajukan permohonan kepada kami, untuk meninjau langsung, sambil belajar kebudayaan Betawi dan bercocok tanam," kata pria yang akrab disapa Bang Kimpo tersebut, Senin (8/10/2018).

Dalam acara tersebut, dibuka dengan tarian salah seorang siswa bernama Kesya (9), yang dengan lincah melenggok membawakan tarian Betawi.

Masih di lokasi yang sama, Guru Bidang Kesiswaan dari STI, Rudiyat Jaka Suryawan menyatakan, selain memahami kebudayaan Betawi yang nampak kental di Setu Perigi, para siswa juga diajarkan bagaimana merawat dan melindungi ekosistem yang ada.

"Total ada 330 siswa yang datang. Mereka kita ajarkan seperti apa budaya Betawi. Kita arahkan mereka untuk menggambar Rumah Betawi, tahu adat istiadat Betawi, bercocok tanam, karena agenda-agenda itu, ada dalam ekskul kebudayaan, salah satunya pengenalan akan kebudayaan Betawi," ujar Rudiyat. (ak)