Bawa Jokowi Menang Dramatis di Tangsel, Airin Punya Kans Besar Dilirik Jadi Menteri

Bawa Jokowi Menang Dramatis di Tangsel, Airin Punya Kans Besar Dilirik Jadi Menteri
Bawa Jokowi Menang Dramatis di Tangsel, Airin Punya Kans Besar Dilirik Jadi Menteri
()

NONSTOPNEWS.ID - Pasangan Calon Presiden nomor urut 1, Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapatkan kemenangan di Kota Tangsel. Kemenangan yang menjadi penglipur lara ini menjadi dramatis, setelah Jokowi keok di 7 Kota Kabupaten diseluruh Banten. 

Kemenangan petahana tersebut, tak bisa dipungkiri merupakan hasil kerja keras para Tim Kampanye Daerah (TKD), terlebih Ketua Dewan Pembina, yang tak lain adalah Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany. Dengan kemenangan di Tangsel, Airin sedikit banyak menyelamatkan 'muka' Jokowi di Banten setelah di Pilpres 2014, Jokowi juga kalah dari Prabowo.

"Airin berhasil 'menyelamatkan' Jokowi dengan menang di Tangsel. Ini prestasi. Tak gampang memenangkan Jokowi di Banten yang pola politik identitasnya kuat. Nyatanya wakilnya putera Banten (Ma'ruf Amin) tetep kalah," ujar Pengamat Politik Universitas Islam Syech Yusuf (UNIS) Tangerang, Miftahul Adib saat dimintai tanggapannya, Sabtu (11/5/2019).

Saat ditanya soal peluang Airin menjadi anggota kabinet Jokowi nanti, Adib menilai Airin memiliki potensi besar dilirik untuk menjadi seorang menteri. Airin dirasa cocok dan capable, terlebih Ia adalah kader perempuan cerdas, muda dan smart yang dimiliki partai Beringin tersebut. 

"Dalam politik semua kemungkinan terbuka lebar, termasuk itu (kans jadi menteri). Apalagi Golkar ini kan defisit kader perempuan yang muda dan cerdas. Saya pikir Ketum Golkar sudah menangkap hal itu," kata pria yang akrab disapa Adib tersebut.

Sebelumnya, saat kampanye Maret lalu, restu yang secara tak gamblang dikatakan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, jika Jokowi-Ma'ruf Amin menang, Airin bisa mulus melenggang menjadi menteri.

"(Bisa) Yang penting (Jokowi-Ma'ruf) menang dulu aja, kalau sudah menang nanti saya kasih tau," kata Airlangga saat diwawancara usai menghadiri acara Silaturahmi Ketua Umum dan Kader Provinsi Banten, di Gedung Intermark, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (15/03/2019) lalu.

Diketahui, dari hasil akhir rekapitulasi perhitungan suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangsel, Pasangan Jokowi-Amin unggul dengan selisih angka yang cukup tipis, yakni sekira 20.000 suara.

Pasangan  Capres-Cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dengan perolehan 411.030 suara. Sedangkan pasangan nomor 02 Prabowo-Sandi, hanya sukses mendulang 390.370 suara. (Ak)