Banyak Suara Tidak Sah dan Dugaan Curang, Calkades Lewintana NTB Tuntut Pilkades Ulang

Banyak Suara Tidak Sah dan Dugaan Curang, Calkades Lewintana NTB Tuntut Pilkades Ulang (Istimewa)

BIMA- Calon Kepala Desa (Calkades) Lewintana nomor urut 2 Budiman, menolak seluruh hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang digelar serentak pada Kamis 20 Desember 2018, hari ini.

Pasalnya, panitia diduga telah melakukan kecurangan terstruktur, sistematis dan masif selama berlangsungnya proses penyelenggaraan pilkades.

Sukardin, SH.,MH, Ketua Tim Hukum Calkades nomor urut 2 Budiman, mengatakan pilkades yang diikuti tiga Calkades diantaranya Ibrahim nomor urut 1, Budiman nomor urut 2 dan Hidayat Nurdin nomor urut 3 tersebut, diwarnai kecurangan panitia.

Selama berlangsungnya proses pilkades, pihak panitia diketahui tidak pernah melakukan sosialiasi tentang hak dan kewajiban pemilih dalam menyalurkan hak suara.

"Kami tolak seluruh hasil Pilkades hari ini, karena panitia terindikasi melakukan kecurangan terstruktur, sistematis dan masif. Mereka tidak melakukan sosialisasi tentang tata cara mencoblos kepada warga selaku pemilik hak suara. Tak hanya itu, panitia juga ditengarai tidak netral serta lebih memihak ke salah satu calon," ungkap Sukardin, kepada wartawan, usai penyelenggaraan Pilkades di halaman kantor desa Lewintana, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, petang tadi.

Tak adanya sosialisasi ini, kata dia, mengakibatkan para pemilih bingung dalam melakukan pencoblosan, sehingga surat suara yang telah dicoblos banyak tidak sah atau batal hingga mencapai 221 surat suara.

"Panitia sama sekali tidak melakukan sosialisasi ke warga sebagai pemilik hak suara, sehingga jumlah surat suara tidak sah atau batal tercatat cukup tinggi," ujarnya.

Parahnya lagi, lanjut Sukardin, panitia yang terlibat dalam penyelenggaraan pilkades di wilayah pemekaran desa Bajo ini didominasi oleh tim sukses calon nomor urut 3, yakni Hidayat Nurdin.

Sejumlah panitia merangkap tim sukses itu diantaranya Agus Salim (Ketua BPD), M. Said (Sektetaris BPD), Junaidin (Anggota BPD), Khaerudin (Anggota BPD), Rahma (Anggota BPD), M. Landa (Ketua LPMD) dan Muhdar (Kaur Desa).

"Ketua panitia M. Yamin juga kerabat dekat (Kakak Ipar) dari Hidayat. Oleh karenanya, kami desak Pemerintah Kabupaten Bima agar membatalkan seluruh hasil pilkades dan diadakan pilkades ulang," katanya.

Berikut hasil pemungutan suara pada pilkades Lewintana periode 2018-2023 :

1. Ibrahim Muhamad nomor urut 1= 49 suara
2. Budiman nomor urut 2= 197 suara
3. Hidayat Nurdin nomor urut 3= 386 suara
- Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)= 892 suara
- Jumlah pemilih yang menyalurkan hak suara = 828 suara
- Jumlah pemilih yang tak menyalurkan hak suara = 64 suara
- Kartu suara terpakai sebanyak 828 suara
- Kartu suara tidak terpakai sebanyak 64 suara.(*)