Bangunan Rangka Baja Diduga Kangkangi Perda, Kasie Citata Kebon Jeruk:Sudah Sesuai

Bangunan Rangka Baja Diduga Kangkangi Perda, Kasie Citata Kebon Jeruk:Sudah Sesuai
Bangunan Rangka Baja Diduga Kangkangi Perda, Kasie Citata Kebon Jeruk:Sudah Sesuai
()

KEBON JERUK - Sebuah bangunan berkerangka baja yang mengantongi izin Rumah Tinggal di Jalan Mangga II RT 08 RW 03 Kel.Duri Kepa, Kec.Kebon Jakarta Barat menuai pertanyaan warga sekitar. Sebab dari lokasi jarak bebas atau garis sepadan bangunan terlihat tidak seperti  bangunan- bangunan tempat tinggal lainnya ditambah tidak adanya sumur resapan. Bahkan, mereka menduga bangunan tersebut terlihat tidak seperti bentuk bangunan tempat tinggal.

"Waktu saya mendirikan bangunan aja, garis sepadan bangunan maupun jarak bebas tidak sesuai langsung didatangi petugas. Ini kok seperti didiamkan. Apalagi terlihat tidak ada sumur resapan. Ini ijin rumah tinggal tapi kok seperti tempat untuk keagamaan," ujar Rahmat(45) salah satu warga Duri Kepa yang mengaku rumahnya pernah dibongkar hanya karena langgar peruntukan, Kamis(20/09/2018).

Mengacu pada peraturan daerah no 7 Tahun 2010 dalam pasal 1 no 39 menyebutkan, setiap bangunan gedung harus ada sumur resapan air hujan yang merupakan sistem resapan buatan yang dapat menampung air hujan akibat dari adanya penutupan permukaan tanah oleh bangunan gedung dan prasarananya, yang disalurkan melalui atap, pipa talang maupun saluran, dapat berbentuk sumur, kolam dengan resapan, saluran porous dan sejenisnya. Belum lagi tentang kesesuaian jarak bebas atau garis sepadan bangunan

Terkait permasalahan tersebut, Kepala Seksi(Kasie) Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kec. Kebon Jeruk, Siska mengatakan, bangunan berkerangka baja dengan mengantongi izin rumah tinggal sudah sesuai peruntukan.

"Zonasi R4. Izin rumah tinggal. Di IMB memang menggunakan rangka baja. Sejauh ini posisi struktur masih sesuai. Sesuai antara gambar IMB dari PTSP dengan kondisi di lapangan," pungkasnya.(hw)