Bangunan Ilegal di BSD Square Dapat Rekomendasi Satpol PP, Tabrak Aturan?

Bangunan Ilegal di BSD Square Dapat Rekomendasi Satpol PP, Tabrak Aturan?
Bangunan Ilegal di BSD Square Dapat Rekomendasi Satpol PP, Tabrak Aturan?
()

NONSTOPNEWS.ID - Bangunan milik PT. Aldebaran, yang terletak kawasan BSD Square di Jalan Pahlawan Seribu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), tak memiliki izin.

Bangunan yang persis di sebelah kanan pintu masuk BSD Square itu, masih dalam tahap finishing dengan pagar proyek masih mengelilingi. Bangunan dengan rangka besi berwarna hijau, dengan dinding kaca masih berdiri megah.

Namun, bangunan tanpa izin dan ilegal ternyata hanya berbekal surat rekomendasi bangunan sementara dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangsel.

Terkait hal tersebut, Kepala Bidang Perizinan Pembangunan, di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Maulana Prayoga menjelaskan bahwa, PT. Aldebaran belum pernah mengajukan permohonan Izin Membangun Bangunan (IMB).

"Belum pernah (Mengajukan IMB). Tidak ada gambarnya bagaimana mau hitung retribusinya," kata pria yang akrab disapa Yoga tersebut, Kamis (07/02/2019).

Dikonfirmasi terpisah, soal dikeluarkannya rekomendasi dari Satpol PP, meski jelas tak miliki IMB, Ketua Komisi I DPRD Tangsel, Aldi Juhri menyatakan, tindakan yang dilakukan penegak Peraturan Daerah (Perda) tersebut sudah menyalahi aturan, dan menyalahgunakan wewenang.

"Saya bilang itu harusnya dieksekusi. Kalau itu menyalahi aturan karena bangunannya tak miliki izin. Kalau pun sementara, jangan megah itu bangunan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Tangsel, Chaerul Saleh, saat dikofirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (07/2/2019) mengatakan Maret bangunan tersebut akan dibongkar.

"Iya saya tahu, tapi besok sampai maret juga harus dibongkar. Dasar rekomendasi untuk bangunan sementara, nanti dibongkar semua nantinya itu, bukan gedung dibangun seterusnya," kata Chaerul Saleh.

Sebelumnya diberitakan, bangunan megah milik PT Aldebaran izinnya hanya berdasar surat rekomendasi Satpol PP dengan surat bernomor 301/368/Bid. Gakunda berkop Satpol PP Kota Tangsel. Isi surat tersebut  perihal rekomendasi terkait pemindahan lokasi marketing galery temporary milik PT. ALDEBARAN dikawasan pusat perbelanjaan BSD Square, Jalan Pahlawan Seribu, BSD City.

Atas rekomendasi ini, Satpol PP Tangsel disinyalir telah menyalahgunakan wewenang.
Karena sesuai Peraturan Walikota Tangsel Nomor 49 Tahun 2016 tentang kedudukan, sususnan organisasi, tugas, fungsi, dan tata kerja Satpol PP tidak ada menyebutkan bahwa instansi tersebut berhak mengeluarkan rekomendasi pembangunan gedung. (ak)