Bang Ben Sebut Dana Covid Dikawal Ketat Inspektorat, Yakin Tak Ada yang "Berdansa Ditengah Bencana" Nih?

Bang Ben Sebut Dana Covid Dikawal Ketat Inspektorat, Yakin Tak Ada yang "Berdansa Ditengah Bencana" Nih? (Kb/nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID – Pemerintah Kota Tangerang Selatan pastikan pengawasan ketat penggunaan anggaran yang berkaitan dengan penanganan Covid-19 baik yang dilakukan oleh Gugus Tugas Covid-19, maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan wabah ini.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengatakan, Inspektorat sebagai OPD terkait terus melakukan pendampingan baik dalam perencanaan, penggunaan hingga pelaporan untuk penggunaan anggaran Gugus Tugas Covid-19 serta OPD terkait.

“Pandemi ini memaksa postur APBD tahun ini mengalami refocusing karena bencana non alam yang melanda kita, sehingga dibutuhkan ekstra pengawasan demi menjaga kita dari hal-hal penyalahgunaan anggaran,” terang Benyamin di kawasan Serpong Utara, Selasa, 15 September 2020.

Benyamin menjelaskan, semenjak perencanaan anggaran setelah refocusing ini, Inspektorat terlibat aktif. Semua didampingi, dilanjut saat penggunaan anggaran sampai pada pelaporannya.

“Review dan pendampingan dilakukan Inspektorat demi mencegah terjadinya penyalahgunaan. Ingat, review dan pendampingan berbeda dengan audit,” paparnya.

Ditengah pandemi ini juga, Presiden RI menginstruksikan terkait pengendalian ekonomi dampak Pandemi Covid-19.

“Jika sebelumnya Gugus Tugas Covid-19, Dinas Kesehatan, BPBD dan OPD terkait didampingi, kini giliran OPD yang berkaitan dengan pengendalian dampak ekonomi, seperti Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Sosial serta beberapa Dinas terkait dalam review dan pendampingan Inspektorat,” paparnya.

Review dan pendampingan diakui Benyamin, dilakukan sebagai tindakan preventif sebagaimana diperintahkan oleh Presiden RI.

“OPD yang berkaitan dengan pengendalian ekonomi, semenjak perencanaan hingga penggunaan anggaran sampai pelaporannya semua dalam pendampingan, karena demi menghindari replikasi penerimaan bantuan,” tegasnya.

Jadi, menurut Benyamin, aparatnya kini selain tengah berjuang dengan penanggulangan kesehatan, kita juga dipastikan untuk tertib dan taat dalam mengelola penggunaan anggarannya.

“Masyarakat sehat dapat tertangani, pemerintah berjalan cepat dan tanggap tanpa ada gangguan kendala penggunaan anggaran,” pungkasnya. (Kb)