Antisipasi Banjir, Pemkab Targetkan 26 Titik Proyek Normalisasi Irigasi Selesai Desember 2020

Antisipasi Banjir, Pemkab Targetkan 26 Titik Proyek Normalisasi Irigasi Selesai Desember 2020 ()

NONSTOPNEWS.ID – Memasuki bulan-bulan penghujan, banjir adalah momok yang kerap menjadi langganan, pengaturan drainase dan irigasi yang baik adalah solusi untuk mencegah banjir dan membuat air tertampung sebagaimana mestinya.

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang telah melakukan beragam upaya. Di tahun 2020 ini dikabarkan sudah ada 26 titik proyek normalisasi irigasi, sungai dan situ yang berlangsung di Kabupaten Tangerang.

Slamet Budi selaku Dinas Bina Marga dan SDA Kabupaten Tangerang. mengatakan, hampir di semua kecamatan se-Kabupaten Tangerang telah berlangsung kegiatan normalisasi dalam upaya meminimalisir dampak bencana banjir. Ia menjelaskan, adapun target pengerjaan selesai di akhir Bulan Desember 2020 ini.

“Jadi semua saluran-saluran yang tertutup kita sudah lakukan pembukaan saluran. Ada yang mencapai 3 km dan ada yang 6 KM,” ujarnya saat dijumpai SuaraBantenNews, Kamis, 3 Desember 2020.

Budi menuturkan, untuk penanganan banjir di daerah Bencongan pihaknya masih dalam perencanaan dan sudah mengajukan izin rekomendasi teknis di Balai Besar C2. Selain itu, kata Budi, sudah ada kegiatan normalisasi di Situ Cilongok Pasar Kemis yaitu Karya Bakti yang dilakukan oleh TNI.

“Yang masih dikerjakan, normalisasi Sungai Cimanceuri, selanjutnya lanjutan dari kegiatan yang belum kita akan alokasikan di kegiatan tahun 2021,” 

Dari 8 UPT SDA di Kabupaten Tangeran minimal ada dua titik proyek, jadi sekitar 16 titik saluran yang berjalan. Jika dijumlahkan dengan kegiatan yang berada di masing-masing bidang sekitar 10 kegiatan, jadi totalnya ada 26 proyek kegiatan.

“Sejauh ini kendala yang dihadapi belum ada, kita melakukan sosialisasi terhadap masyarakat dan kepala desa. Alhamdulillah karena ini menyangkut kepentingan warga di lapangan tidak ada kendala,” tutupnya. (Red)