Akuntabilitas Kinerja Baik, Pemkab Tangerang Diganjar SAKIP Award dari KemenPAN-RB

Akuntabilitas Kinerja Baik, Pemkab Tangerang Diganjar SAKIP Award dari KemenPAN-RB (Mn-nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Tangerang memperoleh penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) atas prestasinya dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat BB.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menerima penghargaan tersebut langsung dari Menpan RB Tjahyo Kumolo. Acara penyerahan hasil evaluasi atas penerapan SAKIP yang bertajuk SAKIP Award 2019 Making Changes Making History itu berlangsung di Radisson Golf Convention Center Kota Batam Kepulauan Riau, Senin (10/2/20).

Penyerahan hasil evaluasi SAKIP kali ini diperuntukkan bagi pemerintah Kabupaten/Kota wilayah I yang meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, dan Jawa Barat. Tahun ini Pemerintah Kabupaten Tangerang berhasil meraih predikat BB dengan nilai 70.13. Nilai ini meningkat dibandingkan nilai SAKIP tahun lalu, yakni predikat B.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Tjahyo Kumolo mengatakan dalam sambutannya, dalam rangka mendorong percepatan implementasi SAKIP, deputi RB Kunwas terus melakukan bimbingan teknis dan asistensi terhadap 84 kementerian/lembaga, 34 pemerintah provinsi dengan 1.027 organisasi perangkat daerah (OPD), dan 514 kabupaten/kota dengan 20.756 OPD pada tahun 2019.

“Tentu kami terus berusaha dengan maksimal. Untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP ini serta melakukan pembinaan berkelanjutan, KemenPAN-RB selalu melakukan evaluasi dan berhasil memetakan menjadi beberapa kategori. Bukan hanya penilaian namun lebih kepada memetakan tingkat efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Menpan mengucapkan selamat kepada pemenang, dengan berpesan terus tingkatkan akuntabilitas kinerjanya mari sama sama kita benahi semua, agar kedepan tatakelola pemerintahan semakin baik.

Sementara itu, Bupati Tangerang menekankan agar Pemerintah Kabupaten Tangerang berbudaya kerja yang baik dan menggunakan hati. Dia juga mengatakan, saat ini akuntabilitas kinerja yang dimiliki  sudah baik dan ke depan harus ditingkatkan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh OPD, Pak Sekda, DPRD dan seluruh pemangku kebijakan di Kabupaten Tangerang atas dukungan dan kerjasamanya selama ini sehingga bisa meningkat predikatnya menjadi BB dan insya Allah ke depan akan lebih baik lagi," ungkapnya.

Bupati Zaki menambahkan, penghargaan tahun 2020 ini hasil evaluasi kinerja tahun 2019 predikat kinerja untuk pemerintah daerah kabupaten Tangerang dapatkan predikat BB. Zaki yakin, pihaknya masih punya ruang dan kesempatan untuk meningkatkan predikat menjadi A di tahun depan.

Hal Senada diungkapkan Sekda Kab. Tangerang Moch. Maesyal Rasyid yang juga ikut mendampingi Bupati dalam pemberian penghargaan SAKIP, menurutnya penghargaan ini harus menjadi sebuah motivasi besar agar ke depan terus mempertahankan sistem akuntabilitas kinerja, jika perlu terus ditingkatkan. 

"Alhamdulillah tahun ini predikat kita naik dari B ke BB, sesuai dengan harapan dan keinginan kita semua, dan juga ini berkat arahan, saran dari Bupati dan Wakil Bupati Tangerang serta seluruh ASN di Kab. Tangerang," Kata Sekda.

Dalam Pemberian penghargaan SAKIP tersebut Zaki didampingi Sekda Maesyal Rasyid, Inspektur Kab. Tangerang Uyung Mulyadi, Kepala Bapenda Soma Atmaja, Kepala Bappeda Taufik Emil, Kadis Kominfo Tini Wartini. (Mn)