Ada Bunga Janda Bolong, Harganya Jutaan Tetap Diburu

Ada Bunga Janda Bolong, Harganya Jutaan Tetap Diburu (Rena/Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Tanaman hias yang bernama Janda Bolong atau Monstera Adansonii kian populer akhir-akhir ini. Meski ditengah dampak ekonomi dari pandemi Corona Virus Disease (Covid), tumbuhan dengan ciri khas daunnya yang berlubang-lubang, tetap diburu oleh para pencinta tanaman hias.

Bunga yang khasnya ada bolong ditenfah daunnya ini dijual dengan harga fantastis mulai 3 juta sampai 40 juta per pot.

Salah seorang pendagang tanaman hias di kawasan Bintaro, Mardi (42) mengungkapkan, penjualan tanaman Janda Bolong terus mengalami peningkatan hingga 2 sampai 3 kali lipat.

"Saya jualan bunga sudah lumayan lama 10 tahunan, kalo untuk peningkatan orang beli pasti ada, sejak pandemi itu mulai meningkat terus terutama untuk tanamanan hias janda bolong," ujar Mardi, saat ditemui di kios miliknya, di Jalan Graha Raya, Kelurahan Parigi Baru, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (25/10/2020).

Lanjutnya dengan meningkatnya penjualan tanaman hias janda bolong, juga mempengaruhi peningkatan penjualan tanaman hias lainnya.

Faktornya, para pengunjung yang yang datang juga melihat berbagai jenis tanaman lain yang ada di kios.

"Yang jelas ada peningkatan mungkin perbulan 4 sampai 5 juta lebih. Bukan hanya tanaman janda bolong tanaman hias lainnya juga ikut laris, seperti tanaman hias jenis mustera, algo, kalatea, maranti dan jenis pakis pakis, aglonema, suson, ancamani,” ungkapnya.

Di tempat yang sama salah seorang pembeli tanaman hias, Rafiko mengatakan, hobinya dalam menanam tanaman hias sudah dimulai sejak lama bahkan sebelum masa pandemi.

"Saya biasa beli disini tanamannya bagus bagus dan fresh, untuk tambah koleksi tanaman yang belum ada, saya hobi menanam sudah lama, saya sedang cari jenis Keladi yang lagi ramai kan keladi amzon itu loh, kalau janda bolong saya sudah punya," pungkasnya.