7 Preman Modus Keamanan di Cengkareng, Diborgol Polisi

7 Preman Modus Keamanan di Cengkareng, Diborgol Polisi (Istimewa)

JAKARTA - Tujuh preman yang kerap meresahkan para pemilik ruko di Taman Palem Lestari, Cengkareng Jakarta Barat, ditangkap petugas Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat. Berdalih menjaga keamanan, mereka kerap memeras pemilik ruko dan merusak jika tidak diberi uang.

Ketujuh orang tersebut berinisial MG alias IM (43), SI alias HI (40), MN (37), VY (50), MA (38), FP (46), dan SN (33) akhirnya dibekuk oleh aparat Polres Metro Jakarta Barat setelah beberapa pemilik Ruko Galaxy melapor.

"Ya benar kami mendapatkan laporan pemilik ruko yang resah karena dipalak oleh sejumlah preman," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Edi Sitepu, Minggu (26/8/2018) kemarin.

AKBP Edi mengatakan, para pelaku melakukan perusakan apabila tak diberikan sejumlah uang dari pemilik toko. "Jika tidak memberikan sejumlah uang, preman itu melakukan perusakan terhadap ruko yang ada di sana," ujarnya.

Dari laporan yang diterima, dan berdasarkan hasil penyelidikan tersebut, petugas berhasil menangkap para pelaku yang sedang melancarkan aksinya merantai dan menggembok pintu ruko serta merusak jalan yang sedang diperbaiki oleh pemilik ruko.

"Modus para pelaku ini menagih uang untuk keamanan dengan memberi ancaman jika tidak diberikan maka ruko korban akan dirusak," katanya.

Dari hasil penangkapan terhadap para pelaku, lanjutnya, petugas mengamankan barang bukti berupa satu buah gembok, satu buah rantai, tiga pecahan papan triplek, dan satu buah anyaman kawat.  

"Ketujuh pelaku tersebut bakal kita jerat Pasal 335 KUHP dan 368 KUHP dan 170 KUHP, kurungan diatas lima tahun," tandas AKBP Edi. (*/red)