1 Juta Surat Suara Tiba di KPU Tangerang Selatan

1 Juta Surat Suara Tiba di KPU Tangerang Selatan ()

NONSTOPNEWS.ID - Sebanyak 1.001.874 surat suara telah sampai di Gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Selasa (24/11/2020) kemarin. 

Ketua KPU Bambang Dwitoro menjelaskan, setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah ditetapkan, akan ditambah sebanyak 2,5 persen surat suara sebagai cadangan diluar jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2020. 
 
“Hari ini diterima sebanyak 1.001.874 surat suara dan setiap TPS akan ditambah 2,5 persen suara suara dari total DPT sebagai cadangan,” ujar Bambang di halaman Gudang KPU Tangsel, Jalan Buana Sektor XII, Rawa Buntu, Serpong. 

Bambang mengatakan, setelah surat suara diterima hal selanjutnya yang akan dilakukan yaitu proses pelipatan. Dirinya menyebut proses pelipatan akan dilaksanankan selama empat hari dimulai 25-28 November 2020. 

“Proses selanjutnya pelipatan surat suara, prosesnya disini di Gudang KPU sudah dirapikan dan mudah-mudahan dalam waktu empat hari sudah selesai,” ujarnya. 

Selanjutnya, dalam hal itu ada 25 orang pekerja yang dikerahkan untuk melakukan pelipatan surat suara dengan tetap melakukan protokol kesehatan Covid-19. 

“Ada 25 orang yang telah siap, jika memang butuh waktu tambahan maka nanti kita akan lakukan upaya lembur dan tetap kami awasi untuk patuh terhadap protokol kesehatan, terutama pakai masker dan jaga jarak,” ungkapnya.

Sementara terkait pelipatan surat suara dan jumlahnya pihak KPU Tangsel, akan melakukan pengecekan dan penyortiran untuk memastikan surat suara sesuai ketentuan.

“Pastinya ada kertas yang tidak simetris, miring dan sebagainya. Selain itu kita akan sortir kalau ada kekurangan kita minta kalau lebih kita musnahkan sehari sebelum pemungutan suara,” pungkasnya. (Red)