Penyelundupan Ular Derik dan Belasan Kalajengking Berhasil Digagalkan

Upaya penyelundupan ular derik digagalkan di Bandara Soetta, Kamis (7/9/2017). (Resna | nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Sebanyak tujuh ekor Viper (ular Derik) berbagai jenis dan belasan Kalajengking berukuran kecil diamankan petugas dari upaya penyelundupan di Kantor Tukar Pos Udara Bandara Soekarno-Hatta Tangerang. Penggagalan upaya penyelundupan tersebut terjadi pada Selasa, 15 Agustus 2017.

Ular tersebut masuk ke dalam kategori yang sangat berbisa itu akan dikirimkan ke Hongkong. Adapun modus yang digunakan pelaku yakni dengan memasukkan ular tersebut ke dalam sebuah speaker dan dicampur dengan mie instan.

Sementara, Kalajengking yang masih berukuran kecil diseludupkan dengan cara dimasukkan ke dalam 20 sedotan ukuran besar, dengan modus sebagai gantungan kunci. Rencananya, Kalajengking tersebut akan dikirim ke Hungary.

“Penggagalan penyelundupan satwa dengan modus paket kiriman tersebut bermula dari kejelian petugas Kantor Tukar Pos Udara yang mencurigai isi paket kiriman tersebut,” kata Kepala Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Bandara Soetta, Eliza Suryati Roesli, Kamis (7/9/2017).

Paket yang akan diekspor ke Hongkong, jelas Eliza, tercantum berisi speaker dan mie instan. Petugas yang curiga melakukan pemeriksaan kembalu dengan x-ray.

“Karena ada dua lubang pada paket itu, petugas semakin curiga dan dilakukan pembongkaran paket. Ternyata benar berisi 7 ular Viper,” jelas Eliza.

Seluruh satwa berbisa itu diamankan di Instalasi Karantina Hewan BBKP Bandara Soekarno-Hatta agar diproses lebih lanjut.

“Ketika dilakukan penyelidikan oleh petugas kami, alamat pengirim yang tercantum pada paket tersebut ternyata palsu,” ungkapnya.

Nantinya, seluruh satwa tersebut akan dikembalikan ke habitat aslinya atau diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), setelah proses penyelidikan selesai.

“Kami sedang mendalami apakah satwa tersebut masuk kategori dilindungi atau tidak. Setelah selesai nanti akan diserahkan ke BKSDA ataupun dikembalikan ke habitat aslinya,” tukas Eliza. (Resna)

Bagikan:
Baca juga:   Hari Kartini, Polwan Cantik Masak Bareng di Rumah Tawon Tangerang
x

Check Also

Pembunuh Juragan Bakso di Cipondoh Berhasil Ditangkap Polisi

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Pelaku pembunuh wanita juragan bakso yang ditemukan tewas pada hari Minggu (17/9/2017) ...

Juragan Bakso Pamit ke Pasar Sebelum Tewas

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Wanita juragan bakso yang ditemukan tewas di rumah kontrakan di Gang Kartini, ...

Polisi Masih Memburu Pelaku Pembunuh Juragan Bakso

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Jajaran Polres Metro Tangerang masih memburu pelaku yang membunuh juragan bakso Fera ...

Pelaku Penyebar Konten SARA Dilumpuhkan di Ciledug

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – RS tersangka kasus penyebar konten berunsur SARA berhasil dilumpuhkan jajaran Polsek Ciledug ...

Jugaran Bakso di Cipondoh Sempat Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Juragan bakso yang ditemukan tewas mengenaskan bernama Fera Yusika (42) di rumah ...