Penyelundupan Satwa Dilindungi Melalui Terminal 3 Bandara Soetta Digagalkan

Kepala Balai Karantina Pertanian Bandara Soetta, Eliza menunjukan barang bukti satwa dilindungi yang gagal diselundupkan, Kamis (14/9/2017). (uis/nonstopnews)

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Balai Karantina Pertanian Bandara Soekarno Hatta kembali menggagalkan upaya penyelundupan satwa dilindungi, Rabu (13/9) sore. Rencananya ratusan satwa itu akan diselundupkan ke Madinah, Saudi Arabia.

Kasus ini terungkap dari kecurigaan operator X-Ray di gate 2 Terminal 3 terhadap 4 buah koper penumpang berinisial AA. Saat diperiksa ternyata benar ditemukan kantung-kantung hewan yang dilindungi.

“Pada pukul 15.45 WIB, pemilik tersebut diperiksa oleh petugas AVSEC dan bersama-sama dengan petugas karantina hewan BBKP Soetta melakukan pemeriksaan terhadap 4 koper yang berisi hewan,” kata Eliza.

Hasil pemeriksaan dan penghitungan diperoleh jumlah total hewan sebanyak total 101 ekor terdiri dari 65 ekor kura-kura (2 ekor mati) 9 ekor ular, 5 ekor Biawak (Varanus sp.), 10 ekor buaya, 4 ekor musang (3 ekor mati) dan 8 ekor lintah (Hirudinae).

“Diantara hewan-hewan tersebut, ada beberapa jenis hewan yang dilindungi dan termasuk Appendik 1 antara lain kura-kura moncong babi (Carettochelys insculpta) sebanyak 9 ekor, Buaya muara (Crocodylus porosus) sebanyak 8 ekor (1 ekor dalam kondisi mati), dan Buaya Sinyulong (T omistoma schelegeli) sebanyak 2 ekor,” paparnya.

Tambah Eliza, saat ini pihaknya sedang melakukan pemeriksaan terhadap pemilik hewan-hewan tersebut oleh petugas Karantina Pertanian dan semua satwa tersebut dalam pengawasan petugas karantina untuk diperiksa status kesehatannya.

“Selanjutnya hewan yang ditahan akan diserahkan ke instansi terkait,” tukasnya. (uis)

Bagikan:
Baca juga:   Wali Kota : Prestasi Para Atlet Hendaknya Jadi Motivasi Untuk Membangun Kota
x

Check Also

Pembunuh Juragan Bakso di Cipondoh Berhasil Ditangkap Polisi

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Pelaku pembunuh wanita juragan bakso yang ditemukan tewas pada hari Minggu (17/9/2017) ...

Juragan Bakso Pamit ke Pasar Sebelum Tewas

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Wanita juragan bakso yang ditemukan tewas di rumah kontrakan di Gang Kartini, ...

Polisi Masih Memburu Pelaku Pembunuh Juragan Bakso

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Jajaran Polres Metro Tangerang masih memburu pelaku yang membunuh juragan bakso Fera ...

Pelaku Penyebar Konten SARA Dilumpuhkan di Ciledug

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – RS tersangka kasus penyebar konten berunsur SARA berhasil dilumpuhkan jajaran Polsek Ciledug ...

Jugaran Bakso di Cipondoh Sempat Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Juragan bakso yang ditemukan tewas mengenaskan bernama Fera Yusika (42) di rumah ...