Kim Jong Un Telah Ekseskusi 300 Orang Dalam 5 Tahun Berkuasa

kim jong un presiden korea utara

kim jong un presiden korea utara

NONSTOPNEWS.ID, Internasional – Kim Jong-un, Pemimpin Korea Utara (Korut) telah memerintahkan eksekusi bagi lebih dari 300 orang selama lima tahun masa kepemimpinannya.

140 dari 340 eksekusi itu berlangsung sejak 2011, kala Kim masih menjadi pejabat senior pemerintahan.

Think tank Korut, National Security Strategy (INSS), seperti dinukil dari Independent, Kamis (29/12/2016) menjelaskan bahwa perintah eksekusi itu dimaksudkan Kim untuk memperkuat kekuasaannya.

Pada Agustus, dua pejabat dilaporkan dieksekusi dengan senjata anti-serangan udara atas perintah Kim. Penyebabnya, salah satu pejabat tidur saat menghadiri rapat dan pejabat lainnya mengajukan proposal program yang diproyeksikan akan menentang kekuasaannya.

Analis pertahanan dari RAND Corporation, Bruce Bennett, menyatakan kepada CNN, Kim telah menunjukkan brutalitas dalam tingkatan ekstrem sejak mewarisi kekuasaan dari ayahnya.

“Contohnya, selama lima tahun memimpin Korea Utara, Kim telah lima kali mengganti menteri pertahanan, sedangkan ayahnya hanya tiga kali melakukan hal itu selama 17 tahun berkuasa. Dua di antara mereka juga diganti karena meninggal dunia,” papar Bennett.

Perhitungan akan kediktatoran Kim tersebut muncul dalam laporan INSS bertajuk, “Pemerintahan yang Salah dalam Lima Tahun Kekuasaan Kim Jong Un“. Laporan itu dirilis pada Kamis 29 Desember.

Aksi eksekusi Kim terhadap pejabat tertinggi Korut terjadi pada tiga tahun lalu. Kala itu, pamannya dan Deputi Jang Song Thaek menjadi korban. Ia memerintahkan 50 pejabat dieksekusi pada 2014 dengan berbagai tuduhan, dari korupsi hingga menonton sinetron Korea Selatan.

Profesor Ilmu Politik di Pusan National University, Robert Kelly, pada Agustus lalu menyatakan, Kim terus mengganti penjaga rezim sang ayah dengan para loyalisnya.

“Tuduhan yang ia ajukan jelas mengada-ada. Dan inilah bagaimana promosi atau demosi bekerja di negara-negara totaliter, yaitu tanpa ruang yang sah untuk para oposisi,” ucap Kelly.

Baca juga:   Segmen 2: Loker di Masjidil Haram hingga Bayi Berkepala Dua Wafat
[rk]
Bagikan:
x

Check Also

Terdakwa Pembunuh Kim Jong Nam Terancam Hukuman Gantung

NONSTOPNEWS.ID, Kuala Lumpu – Rabu (1/3/2017) menjadi sidang perdana kasus pembunuhan Kim Jong Nam, kedua ...

Sidang Pengadilan Kasus Pembunuhan Kim Jong Nam

NONSTOPNEWS.ID, Kuala Lumpur – Kematian Kim Jong Nam memang mengisahkan misteri, disebut-sebut penyebab kematiannya yakni ...