Kalah Dari Thailand, Indonesia Juara Dua Piala AFF 2016

indonesia juara dua aff 2016

indonesia juara dua aff 2016

NONSTOPNEWS.ID – usaha yang patut diacungi jempol bagi timnas Indonesia dalam pagelaran Piala AFF 2016, hasil akhir Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2016 setelah kalah 2-0 (agregat 3-2) dari tuan rumah Thailand dalam pertandingan leg kedua final Piala AFF di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, pada Sabtu, 17 Desember.

Dua gol Thailand dicetak oleh penyerang andalannya, Siroch Chattong, pada menit ke-38 dan ke-47. Berbeda dengan leg pertama, Thailand kembali ke formasi 3-4-1-2, sama seperti saat mengalahkan Indonesia di awal penyisihan Grup A pada November lalu.

Babak pertama juga berlangsung cukup keras dengan pelanggaran demi pelanggaran yang dilakukan kedua tim. Pada menit ke-17, Beny Wahyudi menjadi pemain pertama yang mendapatkan kartu kuning dalam laga ini karena dianggap melakukan pelanggaran terhadap penyerang Thailand Siroch Chattong.

Thailand terlihat lebih menguasai pertandingan dengan serangan demi serangan yang dilakukan sejak awal pertandingan. Di sisi lain, lini belakang Indonesia pun terlihat cukup solid. Bahkan sang kapten Boaz Solossa juga ikut menjaga pertahanan di saat-saat genting.

Namun, soliditas pertahanan pasukan Garuda tersebut tak bertahan lama. Tim asuhan Kiatisuk Senamuang akhirnya mampu mencari celah. Pada menit ke-38, Siroch Chattong berhasil memanfaatkan umpan dari Theerathon Bunmathan dan membuat skor berubah menjadi 1-0.

Pada awal babak kedua, Indonesia terlihat keteteran. Baru berjalan dua menit, Siroch Chattong membuat tuan rumah menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Thailand sempat mendapatkan kesempatan emas untuk menambah keunggulannya pada menit ke-81. Namun kiper andalan Indonesia, Kurnia Meiga, berhasil menggagalkan tendangan penalti yang dieksekusi oleh kapten Thailand, Teerasil Dangda.

Dalam laga itu, Indonesia memang tanpa peluang. Para penyerang seperti Boaz Solossa dan Zulham Zamrun memang mampu melepas tembakan. Tapi pertahanan Thailand membuat mereka benar-benar tak bisa masuk ke kotak penalti Thailand.

indonesia berhasil melaju ke babak final

indonesia berhasil melaju ke babak final

Begitu juga Rizky Pora. Pemain sayap kiri yang mampu merepotkan Thailand di leg pertama itu dibuat tak berkutik. Baik dengan penjagaan ketat maupun dengan sejumlah pelanggaran di wilayah “aman”.

Baca juga:   Celetukan Komentator Bola Bikin Geleng Geleng

Beberapa kali Rizky sampai harus berpindah ke sektor tengah lapangan demi memiliki ruang untuk membawa bola. Namun, upaya tersebut juga gagal. Zulham Zamrun di sayap kanan juga setali tiga uang. Pemain Persib Bandung yang diharapkan mampu menggantikan peran Andik Vermansah itu juga tak berkutik.

Situasi semakin sulit bagi Indonesia karena Boaz Solossa dan kawan-kawan tak bisa mengubah gaya permainannya yang hanya mengandalkan umpan-umpan panjang.

Upaya Riedl memasukkan Lerby Eliandry menggantikan Zulham dan Ferdinan Sinaga menggantikan Rizky Pora tak membuahkan hasil. Ferdinan memang sempat mendapatkan peluang di tengah kotak penalti Thailand. Tapi upaya overhead kick alias tendangan salto yang dia lakukan justru membuat bola melayang jauh di atas gawang.

Catatan statistik semakin mengkonfirmasi buruknya permainan Garuda. Dilansir Labbola, tembakan para pemain Indonesia tak pernah membuat kiper Kawin Thamsatchanan bekerja keras. Dari enam tembakan ke arah gawang, tak satupun yang tepat sasaran.

Bandingkan dengan Thailand yang melepas 10 tembakan, 3 di antaranya on target. Dan dari 3 tembakan tersebut, 2 di antaranya berbuah gol.

Di penghujung pertandingan, Indonesia harus kehilangan Abduh Lestaluhu yang mendapatkan kartu merah. Penyebabnya, dia menendang bola dengan sangat keras ke arah bench pemain Thailand.

Para pemain, ofisial, dan asisten pelatih pun berupaya menyerbu Abduh sebelum dilerai oleh wasit. Teriakan boo pun terdengar dari tribun Rajamangala.

Hasil 2-0 membuat Thailand berhasil meraih gelar juara Piala AFF untuk yang kelima kalinya. Sementara Indonesia kembali meraih posisi runner-up, juga untuk yang kelima kalinya.

(rk)

Bagikan:
x

Check Also

Timnas Indonesia Kalah, ini Komentar Walikota Tangerang

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Acara nobar sea games antara timnas Indonesia melawan Malaysia di Puspem Kota ...

Nobar Indonesia vs Malaysia, Pendukung Garuda di Puspem Kota Tangerang Harap Kemenangan

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Nonton bareng (nobar) semi final tim nasional Indonesia melawan Malaysia di Puspem ...

26 Pemain Timnas U-22 Terpilih Belum Tentu Ikut Sea Games

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Timnas Indonesia U-22 dalam waktu dekat akan menghadapi Myanmar pada laga persahabatan ...

John Terry Menolak Main di Swansea

NONSTOPNEWS.ID, Sepakbola – John Terry sepertinya tidak akan pergi kemanapun dibursa transfer Januari ini. Kapten ...

Firman Utina Balik Ke Maung Bandung

NONSTOPNEWS.ID, Sepakbola – Pesepak bola senior, Firman Utina  memberikan sinyal bakal kembali bergabung dengan  klub ...