JAConnexion Bandara Soetta Diharap Jadi Angkutan Alternatif

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Dalam Peresmian JAConnexion, Selasa (30/5/2017). (ist)

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Dalam peresmian JAConnexion pada hari Selasa (30/5/2017) dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, dan jajaran lainnya. Disampaikan Budi Karya angkutan masal ini akan menjadi alternatif bagi penumpang Bandara Soekarno-Hatta.

“Paling tidak 175 ribu orang akan kesini, dengan taksi dirasa sudah tidak memungkinkan lagi. Angkutan masal menjadi alternatif makanya kita lakukan ini dengan BRT dulu. Intensif dengan level of service yang baik kita harapkan hari ini 91 unit bus, saya minta akhir tahun 300 sampai 400. Nanti dari Tangsel, Bogor naik ini, lalu lintas jadi tidak berat dan penumpang enjoy karena mereka bisa bersama keluarga dan sebagainya,” ujar Budi Karya di Terminal 3 Bandara Soetta pada Selasa (30/5/2017).

Budi meminta catatan kepada operator untuk​ mengintensifkan angkutan ini dalam jumlah banyak, karena menurutnya semakin banyak akan semakin populer dan semakin disukai. Sebab itu, Budi mengintruksikan apa yang harus dilakukan kepada AP2 yakni menyiapkan fasilitas.

“Kepada Bapak-Ibu walikota kita juga minta dukungan supaya titik-titik di kota nya diijinkan karena bus-bus ini juga membutuhkan tempat sebagai terminal,” lanjut Budi.

Kepala BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jakarta) Eli Sinaga menyatakan kesiapan dalam mendukung angkutan masal menuju bandara ini.

“Nanti kita siapkan e-ticketing tapi kita juga siapkan aplikasi move it yang akan memudahkan masyarakat karena itu real time. Misalnya dari bandara ke hotel, dan akan melanjutkan dengan angkutan umum lain nanti dia bisa melihat itu real time nya berapa menit perjalanan. Move it ini sangat membantu dan sudah dipakai di 1.200 kota di dunia, mudah-mudahan kita bisa memanfaatkan dengan baik,” kata Eli.

Baca juga:   WN China Diamankan Petugas Karena Curi Uang Di Pesawat

Dalam peresmian JAConnexion siap dioperasikan 91 unit dirasa Budi masih kurang, ia berharap pada akhir tahun dapat beroperasi sebanyak 400 bus, jika 1.000 bus pun cukup masih memadai maka bisa dibuat untuk operator.

“Bandara lain seperti Kualanamu sudah ada, Halim juga sedang kita lakukan. Tempat lain dan kota besar seperti Bandung, Medan, Surabaya akan kita lakukan,” lanjut Budi.

JAConnexion dirasa lebih efektif dibanding kendaraan biasa atau yang lainnya dan dinilai Budi bisa poin to poin.

“Aksesibilitas memang belom maksimal dan sedang kita improve dari hari ke hari,” tukas Budi. (Resna)

Bagikan:
x

Check Also

Ciputra Investasikan 1,7 Trilyun Bangun Kawasan Superblok di Citra Raya Cikupa

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Kawasan superblok yang di ground breaking kemarin di kawasan Citra Raya bernilai ...

Kristenisasi dan Pembangunan Gereja Terbesar di Asia Tenggara, Bupati Tangerang : Hoax

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Kabar adanya upaya kristenisasi melalui pembangunan gereja terbesar di Asia Tenggara yang dibangun di ...

DPRD Kota Tangerang Dukung Tagih Paksa Pajak

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – DPRD Kota Tangerang akan mendukung diterapkannya penagihan pajak dan retribusi secara paksa ...

Segera Hadir, Mal Citra Raya Cikupa

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Citra Raya Cikupa Tangerang sebentar lagi akan mempunyai Mal baru. Pengembang Ciputra ...

Pembunuh Anak Istri Menangis Saat Rekontruksi

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – LNH (40) pelaku pembunahan istri dan kedua anak kandungnya di Perum Graha ...