Daging Kurban Masih Utuh? Dibuat Kudapan Ini Saja

Hidangan khas Idul Adha. (ilustrasi)

NONSTOPNEWS.ID, Kuliner – Idul Adha yang jatuh pada 1 September kemarin dirayakan meriah oleh umat muslim diseluruh dunia, tidak hanya ramai oleh pemberitaan ibadah haji di tanah suci saja, di tanah air pun masyarakat ramai-ramai memotong hewan kurban. Hampir seluruh masyarakat menengah mendapatkan jatah daging.

Biasanya, daging sapi ataupun kambing yang didapat tidak akan habis dalam waktu sehari saja dan biasanya akan dijadikan sebagai sate untuk dibakar ramai-ramai bersama keluarga, sanak saudara, ataupun teman-teman.

Jika Anda bosan dengan kudapan yang itu-itu saja disuasana Idul Adha ini, Anda bisa membuat kudapan-kudapan lezat, seperti:

  1. Sop Buntut

Untuk yang mau hidangan berkuah, Sop Buntut bisa menjadi pilihan apalagi bagi Anda yang mendapat jatah buntut sapi. Menu yang satu ini lebih tentu lebih sehat karena selain berkuah juga dilengkapi dengan berbagai sayuran dan rempah-rempah. Sop Buntut akan menggoda dengan tampilan daging empuk dengan kuah kaldu bening bersama dengan irisan wortel, tomat, daun bawang seledri serta taburan bawang goreng.

  1. Gule atau Gulai

Namanya mirip yah, namun agak sedikit berbeda bumbu racikannya. Gule sendiri kudapan yang berasal dari Jawa, sedang Gulai berasal dari Sumatera. Gulai memiliki unsur masakan India yang menghasilkan citarasa nan gurih dalam kuah berempahnya. Tidak segurih Gulai, Gule sendiri memiliki kuah yang tidak sekental Gulai, kuahnya lebih cair cenderung memakai santan encer dan kaldu daging kambing.

Keduanya, bisa Anda jadikan hidangan akhir pekan ini.

Manu kambing oven. (ilustrasi)

  1. Kambing Oven

Untuk Anda yang mendapatkan jatah daging kambing serta memiliki oven di rumah, kudapan khas Mesir ini bisa menjadi pilihan yang menggugah selera. Biasanya, Kambing Oven memilih daging bagian paha karena cepat empuk bila diolah.

Baca juga:   Hotel Santika Premiere Bintaro Diskon 50 Persen Bagi Wanita Berkebaya

Belum tahu cara masaknya? Mudah saja kok, cukup oleskan bumbunya keseluruh permukaan daging sampai rata, panggang dalam oven bersuhu 200 derajat Celsius selama kurang lebih 45 menit atau sesuai keinginan kematangan Anda.

  1. Bakso

Tidak asing dong tentunya, jika Anda bingung ingin membuat kudapan apa padahal daging masih ada di lemari es Anda, coba saja digiling dan dibuat bakso. Setelah dibuat bakso, disantapnya pun bisa menyesuaikan selera Anda, bisa dicampur dengan mie atau bihun, ditambah dengan tauge, tahu, dan lainnya. Dimakan siang-siang bersama keluarga pasti enak deh.

  1. Rendang

Nah, untuk Anda yang ingin hidangannya awet bisa memasak daging kurban Anda menjadi Rendang. Tidak dipungkiri lagi bahwa hidangan yang satu ini merupakan hidangan terlezat, jadi tidak ada alasan tidak suka.

Nah, itu dia beberapa menu andalan yang bisa Anda jadikan panduan untuk mengolah daging kurban agar tidak berlama-lama berada di lemari es. (Resna)

Bagikan:
x

Check Also

Polisi Masih Memburu Pelaku Pembunuh Juragan Bakso

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Jajaran Polres Metro Tangerang masih memburu pelaku yang membunuh juragan bakso Fera ...

Pelaku Penyebar Konten SARA Dilumpuhkan di Ciledug

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – RS tersangka kasus penyebar konten berunsur SARA berhasil dilumpuhkan jajaran Polsek Ciledug ...

Jugaran Bakso di Cipondoh Sempat Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Juragan bakso yang ditemukan tewas mengenaskan bernama Fera Yusika (42) di rumah ...

Juragan Bakso di Cipondoh Ditemukan Tewas

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Seorang mayat perempuan ditemukan mengenaskan disalah satu rumah kontrakan di Gang Kartini, ...

Dalam Hitungan Jam, Pelaku Penganiaya di Ciledug Ditangkap Polisi

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Pelaku penganiaya Rosmeri (16) dan Sumiati (38) berhasil ditangkap oleh Satreskrim Polres ...