Bukan Tidak Baik Jika Anak Suka Masukan Tangan Ke Mulut

perhatikan jika anak memasukan tangan ke mulut

perhatikan jika anak memasukan tangan ke mulut

NONSTOPNEWS.ID, Kesehatan – Apakah Anda salah satu yang tidak suka melihat balita atau anak Anda memasukkan tangan ke mulut? Mulai saat ini biarkan buah hati Anda untuk melakukannya.

Menurut Dokter Anak Herbowo Soetomenggolo, dari Rumah Sakit Hermina Jatinegara, kebiasaan ini merupakan hal normal untuk bayi, dimulai saat usianya menginjak dua bulan.

Dirinya menghimbau, supaya orang tua tidak lagi menarik tangan bayi, ketika mereka mulai melakukan kebiasaan ini.

“Ini adalah proses perkembangan yang harus dilalui setiap bayi. Mereka kan inderanya belum berfungsi secara normal. Nah, ini adalah fungsi indera pertama mereka, yakni merasakan dengan mulutnya. Mereka jadi tahu, oh ini tangan, ini jari saya ada lima,” ujarnya di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Meski begitu, orang tua harus memperhatikan juga menjaga, apakah tangan yang dimasukkan ke dalam mulut pastikan tangan buah hati harus bersih.

Mulailah untuk sering mencuci atau membersihkan tangan bayi dengan tisu basah antibakteri sesering mungkin, agar kebersihan tangannya tetap terjaga.

“Karena kalau kotor bisa kena virus atau bakteri, anak kena diare. Jadi kita cegah supaya tidak masukkan tangan kotor ke mulut, bukannya melarang memasukkannya,” pungkasnya.

(rk)

Bagikan:
Baca juga:   Begini Kesaksian Korban Selamat Kecelakaan di Puncak Asal Tangerang