Ayo Peduli AIDS!

penderita hiv aids meningkat

penderita hiv aids meningkat

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Perkembangan HIV/AIDS di Kabupaten Tangerang sudah memasuki tahap kritis. Jumlah penderita AIDS kian naik. Bahkan, penularan itu di dominiasi dari kaum perempuan dan ibu rumah tangga.

Koordinator Divisi Program Penanggulangan AIDS, KPA Kabupaten Tangerang, Hady Irawan mengatakan, ditetapkannya wilayah tersebut rawan terhadap Immume Deficiency Syndrome (AIDS) lantaran kasus penuran pada 2016 ini meningkat.

“Apalagi jumlah kasus penularannya itu dilakukan oleh kaum perempuan yang sudah berumah tangga. Dan kasus tersebut juga terjadi di tujuh kecamatan yang ada di daerah berjuluk seribu industri ini. Setahun saja penularannya mencapai 45 penderita HIV. Yang tertular ini anak kecil dan kaum pria. Mayoritas penularan itu dilakukan oleh ibu-ibu, dan ini yang semakin mengkhawatirkan. Makanya sekarang ini ststus darurat HIV kami berikan di wilayah ini,” ujar Hady, Selasa (13/12/2016).

Hady mengungkapkan, Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) menetapkan status darurat HIV lantaran penderita dan penularan virus mematikan ini didominasi oleh kaum perempuan. Berbeda pada tahun 2015 yang secara angka lebih banyak menyerang laki-laki. Sehingga, jika tak segera diantisipasi dikhawatirkan penularan akan mewabah dan menjangkiti ribuan warga lain.
“Populasinya yang paling banyak mengidap HIV dari data kami adalah ibu rumah tangga, dan ini yang paling mencemaskan. Makanya sekarang kami sedang menggalakan perogram penanggulan HIV khusus Kabupaten Tangerang,” kata Hady.

Lanjut Hady, ada tujuh kecamatan yang teklah di data KPAD yang paling rawan dan tinggi penularan HIV. Seperti di wilayah utara yang meliputi Kecamatan Kosambi, Teluknaga, Sukadiri. Sementara wilayah tengah penularan AIDS terjadi di Kecamatan Cikupa serta Balaraja. Sedangkan untuk wilayah barat terdapat di Kacematan Tigaraksa dan Jayanti.

Baca juga:   Kapolresta Tangerang Kurban 2 Ekor Sapi

(rk)

Bagikan: