Apa Saja Sih Manfaat Berkurban?

Hewan kurban untuk Idul Adha. (Resna | nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID, Lifestyle – Hari Raya Idul Adha adalah salah satu momentum perayaan umat muslim didunia, selain momen ibadah haji bagi yang menjalaninya ke tanah suci juga dirayakan dengan berkurban yaitu memotong hewan kurban (onta, sapi, dan kambing). Selain bagi-bagi daging kurban, tahukah Anda manfaat dari berkurban selain menambah pahala apa saja?

Manfaat berkurban bagi diri sendiri:

  1. Membangun rasa empati

Dengan berkurban berarti memiliki sikap kepedulian sosial, membangun rasa empati kepada sesama, berbagi bagi yang memiliki rejeki lebih dengan membeli hewan kurban untuk selanjutnya daging dari hewan tersebut dibagikan kepada banyak orang.

  1. Melatih diri untuk menjadi dermawan

Menjadi pribadi yang dermawan perlu dilatih hingga menjadi kebiasaan, menjadi dermawan dalam hal kebaikan tentu memberi manfaat bagi banyak orang tentunya. Dimulailah dari hal kecil yang terus diasah hingga tingkatkan untuk berkurban di Hari Raya Idul Adha.

  1. Membangun sikap solidaritas

Jika Anda berkurban ada baiknya Anda juga ikut membaur dalam proses penerimaan, penyembelihan, dan saat membagikan hewan kurban. Manfaatnya adalah, bersosialisasi dengan yang lain, dapat bekerjasama dalam melakukan kebaikan ibadah ini, serta membagun agar menjadi hidup lebih rukun.

  1. Rezeki semaki berkah

Percaya atau tidak, jika Anda keluarkan sebagian rejeki dijalan ibadah maka akan lebih berkah dikemudian hari. Sadar atau tidak pun rejeki akan terus bertambah. Juga, berkurban dapat membahagiakan orang lain dalam jalan ibadah.

  1. Menjauhkan dari sikap tamak

Berkurban memang tidak sulit namun tidak semudah juga yang kita kira, ada syarat serta rejeki lebih bagi yang mampu. Oleh karenanya, orang yang telah berkurban telah membuktikan bahwa dirinya tidak tergila-gila dengan harga yang dimilikinya. Hal ini akan membuat sifat serakah dan menambah ilmu keikhlasan.

Baca juga:   Polrestro Tangerang Gelar Sertijab 2 Kasat dan 2 Kapolsek

 

Tidak hanya bagi diri sendiri, berkurban tentu bermanfaat bagi orang lain, seperti:

  1. Menjaga tali silaturahmi

Dimomen hari raya kurban, menjadi salah satu sarana untuk menjalin tali silaturahmi, tidak hany kepada satu orang seperti ketika bersedekah, tetapi ke banyak orang. Berkurban tentu menjadi pemersatu umat.

  1. Mencukupi gizi kaum yang kurang mampu

Bagi yang kurang mampu biasanya akan jarang sekali mengonsumsi daging, dimomen inilah mereka bisa menyantap daging tanpa perlu memikirkan biaya yang dikeluarkan, tentunya akan memenuhi kebutuhan gizi agar menjadi sempurna.

  1. Menjaga budidaya ternak hewan lokal

Manfaat yang bisa diambil dari berkurban yakni dapat meningkatkan aspek pertanian negara, dengan momen berkurban para peternak peranannya sangat penting.

 

Banyak sekali manfaat dari berkurban selain poin-poin diatas. Jadi, sudahkah Anda berkurban tahun ini? (Resna)

Bagikan:
x

Check Also

Pembunuh Juragan Bakso di Cipondoh Berhasil Ditangkap Polisi

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Pelaku pembunuh wanita juragan bakso yang ditemukan tewas pada hari Minggu (17/9/2017) ...

Juragan Bakso Pamit ke Pasar Sebelum Tewas

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Wanita juragan bakso yang ditemukan tewas di rumah kontrakan di Gang Kartini, ...

Polisi Masih Memburu Pelaku Pembunuh Juragan Bakso

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Jajaran Polres Metro Tangerang masih memburu pelaku yang membunuh juragan bakso Fera ...

Pelaku Penyebar Konten SARA Dilumpuhkan di Ciledug

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – RS tersangka kasus penyebar konten berunsur SARA berhasil dilumpuhkan jajaran Polsek Ciledug ...

Jugaran Bakso di Cipondoh Sempat Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

NONSTOPNEWS.ID, Tangerang – Juragan bakso yang ditemukan tewas mengenaskan bernama Fera Yusika (42) di rumah ...