WH : Copot Kepala Sekolah yang Lakukan Pungutan pada Siswa

(adib|nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID, Serang -Upaya Pemerintah Provinsi Banten untuk membebaskan biaya sekolah tingkat SMU dan SMK mulai tahun 2018 gencar disosialisasikan. Termasuk ancaman akan mencopot kepala sekolah apabila ditemukan melakukan pungutan kepada siswa.

"Kalau ada (pungutan) ya, diganti saja kepala sekolahnya, dilaporin, itu bukan pungli namanya, tapi itu udah korupsi," tegas Gubernur Banten, Wahidin Halim di Gedung DPRD Banten, Selasa (21/11/2017).

Gubernur Banten juga menjelaskan, definisi sekolah gratis sangat sederhana yaitu pihak sekolah tidak meminta uang iuran kepada siswa, itu sudah disebut gratis.

"Pendidikan gratis itu berarti kepala sekolah atau komite sekolah, jangan mintain duit (uang), itu gratis namanya. Selama ini kan masyarakat mengeluh dimintain uang buat iuran maupun pembangunan," ujar Gubernur.

Gubernur mengatakan pihaknya telah menganggarkan untuk pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) dan rehabilitasi Ruang Kelas Baru (RKB) pada tahun anggaran 2018.

"Sekarang, kita yang bangun sekolahnya, dari BOSDA tadi untuk gaji guru dan sebagainya. Kita akan lihat berapa dari kebutuhan komite sekolah," tandasnya. (am)